Minggu, 08 Juli 2012

Makanan Sela

cendol hitam di kebumen. enak banget
Kita mengenal makanan pagi, siang, dan malam. Tapi saya menambahkan makanan sela di antara tiga makanan pokok itu. Mengapa makanan sela? Karena memang dia bukan termasuk jenis menu untuk makan pagi, siang, atau malam. Makanan ini di sela-sela makanan utama kita. Berapa banyak makanan sela yang kita miliki? Saya menyebutnya antara lain bakso, gado-gado, lotek, rujak cingur, empk-empek, tahu tek, tahu campur, tahu gejrot. Belum lagi minumannya. Ada cendol, es campur, es dong-dong, es serut. Weleh buanyak banget.  




Makanan tradisional yang  Indonesia miliki  begitu beragam, enak-enak, dan sangat khas rasa dan aromanya. Belum lagi makanan utama seperti nasi goreng, sate kambing, nasi gudeg,  gule kambing, rendang. Tapi yang sungguh mengherankan, kata Profesor Glinka SVD, guru besar antropologi ragawi dari Universitas Airlangga, dengan banyaknya jenis makanan yang Indonesia  miliki dan rasanya enak-enak, ternyata  KFC dan Mc Donald masih laku. "Saya tidak tahu dan belum ketemu jawabannya," ujar Prof Glinka yang asal Polandia.



Kok saya sepakat dengan pendapat beliau. Ada apa dengan masyarakat kita ya? Termasuk saya yang masih sesekali menyantap Mc Donald.  Mc Donald rasanya begitu saja. Nggak ada yang istimewa. Coba kalau kita menyantap rendang, misalnya. Berapa banyak macam bumbu untuk masakan rendang. Konon semua bumbu yang ada di dapur kita adalah bumbu memasak rendang. Jumlahnya lebih dari 15 macam, mulai dari rempah-rempah sampai bawang merah, bawang putih, laos dan kawan-kawan. Betapa kaya rasa masakan itu. Sementara ayam goreng? Paling banter juga lima jenis  bumbunya.

nasi liwet solo kesukaan saya. masih pake pincuk makannya

Tapi kenapa Mc Donald dan KFC tak pernah sepi pengunjung? Ada yang tahu jawabannya? Kalau saya  sih menduga orang datang ke Mc Donald karena membeli image, membeli gengsi, membeli tempat. Tidak ada hubungannya dengan  rasanya yang enak. Wong makanan yang kita miliki jauh lebih enak kok. Mau sharing di sini?



Yogyakarta, 9 Juli 2012






es lilin. favorit saya waktu kecil. untung masih ada sampai sekarang



6 komentar:

  1. ke McD krn anaknya yang mau.. ada mainannya,... trus ke KFC juga ada pelusurannya... anak-anak suka.. hehehehe

    BalasHapus
  2. tjapoenk.blogspot.com8 Juli 2012 pukul 22.42

    ohhhh gitu ye....baiklah

    BalasHapus
  3. akeh2e cah cilik sik seneng klu, karo rego.. standard kan mereka.

    BalasHapus
  4. tjapoenk.blogspot.com8 Juli 2012 pukul 23.28

    iyah sih karena ada permaiannya. nek harga mahal juga ah.

    BalasHapus
  5. Rendang masakan terenak, itu sudah dibuktikan oleh survey internasional yang diikuti oleh turis dari semua negara. Saya mengajak teman bule makan di restoran padang, dia sukaa sekali, sampai suatu ketika dia numpang ke toilet. Setelah itu dia tidak mau lagi :( Untung restoran padang saya yang sekarang toiletnya bersih.

    cerita-ubud.blogspot.com

    BalasHapus
  6. tjapoenk.blogspot.com13 Juli 2012 pukul 00.30

    cerita ubud@ iyah....restoran jorok, makanan jorok adalah masalah besar kita. wah kalau saya ke bali ajak ke langganan rumah makan padangnya ya

    BalasHapus