Kamis, 09 Februari 2012

Salah Sambung

TNI AU latihan pesawat tempur di atas langit Jogja
 Berapa jam kesadaran yang kita miliki dari 24 jam sehari. Saya yakin seperempat hari saja kita memiliki kesadaran syukur Alhmadulilah. Saya termasuk orang yang ndlenger. Kalau di-Indonesia-kan apa ya artinya? Nggak fokus. Hilang konsentrasi. Lantaran  sudah menganggap ini masalah serius maka saya belajar sadar setiap saat. Meditasi salah satu latihan kesadaran itu. Pengaruhnya cukup  ampuh buat saya, meski belum bisa 100 persen. 
Seberapa parah sih, ndlengernya? Ini kejadian beberapa tahun lalu. Ketika saya masih bekerja di Jakarta, komunikasi dengan narasumber kerap menggunakan telepon. Tapi dengan catatan, saya mengenal dengan baik nara sumbernya. Nah, penyakit  saya adalah terburu-buru. Ndelalahnya, kerapkali  saya memasukkan nama narasumber itu  dalam telepon seluler dengan kode-kode jabatan dan nama yang seringkali malah lupa.


Lha masalah muncul ketika nama orang itu sama, di instansi yang sama, tetapi beda  seksi. Kadang-kadang sebuah kebetulan itu memang tak terduga, bukan? Katakanlah nama si nara sumber ini Subardi. Begini dialognya percakapan kami


Saya: Selamat pagi Pak Bardi.
Subardi: Selamat pagi Mbak Rurit.
Saya: Sehat, Pak?
Subardi: Oh sehat. Tumben telepon. Ada apa?
Saya: Begini lho Pak, saya mau menanyakan bla bla bla...kalau tidak salah pesawat latih TNI yang jatuh.  Saya jelaskan peristiwa 5 W 1 H.Sampai berbusa-busa...Kira-kira butuh 5 menit menjelaskan. Saat dialog terjadi...saya mulai menyadari kok si nara sumber  ah... uh ...eh ...oh...saja ya?
Saya : Maaf, pak. Ini benar Pak Subardi kan?
Subardi : Iya, Mbak. Pak Bardi.
Saya: Kok suaranya agak berbeda ya?
Subardi: Saya memang sedang batuk dan pilek.
Saya: Oh...makanya kok suaranya berbeda. (tapi saya terus saja kepikiran, "Kok ini bukan suara Pak Bardi yang saya kenal ya?) Nah, saya lanjutkan, Pak. jadi bagaimana Pak, Apa penjelasannya soal  peristiwa itu?
Subardi: Saya kan bukan pejabat yang berwenang menjelaskan ini? Coba di bagian ini (dia lantas menjelaskan instansi yang di maksud).
Saya: Lho ini bukan Pak Bardi yang di instansi ini? (Saya sebutkan nama bagiannya).
Subardi: Bukan, Mbak. Saya Subardi di bagian lain.
Saya: Waduh...maaf Pak. Namanya sama.

Weladalah....sudah ngguambleh 15-an menit. Salah sambung pula. Tepuk jidat 100 kali. Hiks....


Kasus lain yang bikin saya lemas juga karena salah sambung. Tapi kali ini bukan telepon tetapi SMS. Kali ini "korban" saya, pejabat paling tinggi di Kopassus, jenderal bintang dua. Saat itu ada kejadian bencana di Aceh kalau tidak salah dan  darurat militer masih diberlakukan.   Ndelalahnya, ketika saya SMS-an untuk menanyakan beberapa hal kepada yang bersangkutan, si pejabat sedang main golf. 


Waduh...nurani saya langsung bergejolak. Saya kebetulan punya teman yang bekerja di stasiun televisi. Saya curhat sama dia dan memberikan informasi ini melalui SMS. Kira-kira begini bunyinya. "Tahu nggak,  negara lagi susah, ada perang dan bencana,  sempat-sempatnya si bapak main golf?.Payah." Dan karena ndlenger itu tadi,  bukannya memasukkan nomer teman saya tadi, eh terkirim di nomer si pejabat. Hanya beberapa menit setelah saya memeroleh informasi kalau yang bersangkutan main golf.

Hiyaaaaa.....menyadari kekeliruan itu, dengkul saya sampai lemas. Bisa membayangkan bagaimana perasaan saya waktu itu? Ngomongin orang, eh yang  diomongin saya kirimi  SMS.Mau memberikan klarifikasi kok malah aneh. Sampai panik saya menghubungi teman ini. Setelah salah sambung  nomer telepon itu, saya tiarap untuk beberapa waktu. Ndak berani tunjuk muka. Hiiiii.....tatut. Pernah mengalami peristiwa seperti saya?

.
Yogyakarta, 10 Februari 2012. 

Pukul 10.00

6 komentar:

  1. hahahahahaha aku sering tuh dapet dari teman yg salah kirim bbm, saking cepatnya ngetik kali terus masuk bbm baru jadi tertulis di situ. kalo aku ya pernah salah kirim bbm, soalnya namanya sama ...untung masalah dagangan bukan gosip hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tjapoenk.blogspot.com9 Februari 2012 pukul 23.29

      Lha yo kuwi. iki mesti akeh sing mengalami kok. ning kejadianku rodo konyol karena wawancara je.

      Hapus
  2. julius_felicianus@yahoo.com10 Februari 2012 pukul 00.58

    kalau tulisan siplah boleh diacungin jempol terutama cerita2 sederhana yg human interest...menarik koq sdh aku baca semua...untuk cover sebelah design capoenk di beri sedikit sentuhan desig lagi jadi tdk terlihat kosong....antara artikel harian misalnya dari artikel dg judul "salah sambung" dgn tulisan "salah eja" perlu diberi design pembatas...jadi tdk terlihat ngablah-ngablah panjang ndlujur....untuk info harian perlu ditulis cerita sederhana yg setiap pagi rurit pergi kemana saja saat kluar rmh pagi hari (di luar artikel utama) singkat saja...pasti ada kejadian yg menarik yg perlu ditulis dan diinformasikan....kalau bisa diselingi kata motivasi atau cerita motivasi meskipun mungkin tdk tiap hari....dan jgn lupa diselingi juga dg karikatur atau istilah jogja "gojeg kere"....syukur diinformasikan di blognya ada acara atau kegiatan kesenian dan budaya di jogja atau dimanapun rurit ketahui....udah itu dulu komenku ya...selamat ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas julius, terimakasih masukannya. Woow...akan dipertimbangkan. Persoalannya bukan ndak bisa. Tapi urusan teknologi ini lho mas yang aku rodo kepontal2. karikatur? Siapa yang bisa ya?hehehhe...semoga ada pembaca yang sukarela mau ngisi.

      Hapus
  3. hahahaaa Rurit!! Lucu ceritamu...Pernahlah saya mengalami hal seperti itu. Gosipin orang, eh sms nya terkirim ke orang ybs. Saya minta maaf tak henti-hentinya dan sangat menyesal gosipin orang yang sesungguhnya sangat baik hati kepada saya. Nyeselnya, malunya, ngak ketulungan, rasanya ingin menghilang, masuk ke perut bumi, hahaha...(linda tangdialla, kabar24.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tjapoenk.blogspot.com11 Februari 2012 pukul 03.34

      Hai Linda. Salam kenal ya. wah sama. saya juga rasanya pingin nyungsep ke perut bumi. hukuman buat orng yang menggunjing sprt kita ya rasa malu. kecuali ngomong ama ybs ya lain ceritanya...hihihihi. semoga tak terulang. hikssss...sangat tdk enak

      Hapus