Sabtu, 18 Februari 2012

Pohon Tumbang di Gedung Agung

pohon ratusan tahun dan tumbang
cepat tanggap

mejeng dulu ah


Sore itu, kira-kira setahun lalu, saya mewawancarai GBPH Prabukusumo, mantan Ketua DPD Partai Demokrat DIY. Di tengah-tengah acara berlangsung hujan turun dengan  lebatnya. Angin menderu. Kencang sekali. Tiba-tiba  praak. Beberapa detik kemudian lampu padam. . Saya berteriak. "Apa itu?"


Tapi karena tak menengok ke luar, kami tak tahu apa yang terjadi. Dalam gelap, wawancara tetap berlangsung. Syukurlah hujan deras itu tak berlangsung lama. Saya  pun pamitan. Tiba di perempatan pos saya melihat ada pohon melintang. Baru sedikit orang. Mungkin tak sampai 5 orang. Saya wartawan pertama yang datang ditempat itu.


Tak berapa lama, petugas pertamanan berdatangan. Tak kurang dari setengah jam. Saya salut dengan cepatnya penanganan petugas Pemerintah Kota Yogyakarta. Pohon dipotong-potong karena melintang di tengah-tengah jalan. Masyarakat menonton.


Ini bukan sembarang pohon. pohon ini persis menjadi penjaga pintu masuk Gedung Agung. Konon, menurut petugas, usianya sudah ratusan tahun. Diameter pohon ini  tiga kali rangkulan orang dewasa. Yang mengherankan, pohon sebelah kiri  tidak tumbang tetap tegak dengan gagahnya.Aneh juga ya?



Orang-orang ada yang menggumam,"Akan ada apa ya? Bagi saya sih yang mencintai pohon, kehilangan pohon ini sama artinya kehilangan jiwa. Bayangkan perlu berapa puluh tahun  lagi pohon ini  bisa meneduhkan, menjadi penyeimbang polusi udara dan lain-lain.

suka sekali meski kayak tikus hihihi

Saya biasanya cuek jika ada peristiwa semacam ini. Tapi saya tidak mau ketinggalan momen. Masih  dengan jas di tubuh, karena hujan masih lumayan deras, saya minta orang yang menonton  memotret saya. Saya merasa kayak tikus. Tapi kok saya suka sekali foto ini ya?


Yogyakarta, 16 Februari 2012

Pukul 08.48 PM

4 komentar:

  1. Balasan
    1. tjapoenk.blogspot.com20 Februari 2012 pukul 16.21

      yiaaaaaa...tidak sadar. gara2 mau ke surabaya. nulisnya Pemkot surabaya. yang bener jogja hane...

      Hapus
  2. Dah lama gak ngider BlogWalking...
    sing tak jujug lansgung gambar iki...

    hemmmm..
    sayang, sungguh disayang yaa... Pohon yang bikin rindang itu tumbang... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tjapoenk.blogspot.com22 Februari 2012 pukul 13.59

      hooh mana udah ratusan tahun pula. Gotrek kapan ppindah? selak pingin ajar je

      Hapus