Rabu, 01 Februari 2012

Belajar Memasak Spagetti ala Chef Ine

spagetti sudah  siap santap. hemm enak.
 Memasak spagetti dalam bayangan saya susah banget. Setelah saya melihat proses memasak spagetti di rumah sahabat saya, Ine, baru tahu kalau masak spagetti itu  mudah, ndak rumit. Semudah bikin oseng-oseng kangkung hehe. 


Mudahnya, lantaran  bahan siap pakainya sudah tersedia, sih. Daging gilingnya sudah ada. Bahan sausnya juga sudah tersedia. Pula spagettinya tinggal direbus. Cemplung-cemplung dengan tambahan  bumbu bawang bombay, lada,  garam, plus keju,  jadi deh spagetti. 


Kegagalan memasak spagetti biasanya terasa kaku ketika sudah dalam hidangan. Nah, menyiasatinya tambahkan minyak atau mentega saat  hampir mateng. Lalu menjelang ditiriskan juga ditambahin olesan keju. Ine sendiri memasak spagetti atas permintaan putrinya Fa. Pada akhir pekan, dia memasak ini sebagai bonus untuk putera puterinya yang liburan. 


Karena  kesukaan putera puterinya beda-beda, maka dia juga memasak beraneka jenis masakan yang berbeda. Seperti pagi ini, sang puteri Fa dan Amanina pingin spagetti. Sementara puteranya,  Zyen pingin burger. Jadilah pagi itu,  Ine berjibaku di dapur demi memenuhi keinginan putera puterinya. So sweet banget ya. Ihwal memasak itu sendiri, sudah beberapa waktu, Ine memasakkan sendiri makanan pagi untuk putera putrinya, termasuk bekal mereka ke sekolah. Karena kesukaan mereka tidak sama, bekal ke sekolah pun juga tiga warna... Eduan.


Ada satu kata-kata di sela-sela obrolan kami di dapur ketika saya menyaksikan dia memasak. "Perempuan sehebat apapun dia, mau jadi sutradara, pejabat, artis, pengusaha, ketika di rumah dia tetap mengurus anak." Karena saya masih singgle :) jadi belum tahu bedanya. Tapi jelas obrolan ini bekal kalau saya kelak jadi ibu hehehhe. (siapa yang jadi pasangan saya ya?) 


Dari pengamatan menyaksikan dia menyiapkan spagetti, ini dia cara memasak spagetti ala chef Ine. Mudah banget.


Spagetti direbus.
Berikan mentega atau minyak agar saat disantap tidak keras atau kaku.
Potong bawang bombay sesuai kebutuhan.
Bawang bombay dan garam dioseng-oseng, tambahkan daun salam.
Tak berapa lama, daging direbus bersama bumbu.

Setelah beberapa saat, masukkan bumbu saus diudak-udak bersama keju.
Angkat jika merasa bumbunya sudah pas.
Hidangkan deh. Gampang, ya?

Pontennya: Maknyus, pemirsa :)


Yogyakarta, 2 Februari 2012 

Pukul 09.44

1 komentar: