Jumat, 06 Januari 2012

Dientup Tawon

Tadi malam ada kejadian langka dalam hidup. Saya dientup tawon. Dientup bahasa Indonesia-nya disengat cocok dengan gambaran tadi malam, seperti ada sengatan di tubuh. Lbh sakit dari sengatan listrik karena saya pernah tersengat listrik. Beberapa menit entupan itu masih terasa. Saya mengaduh-aduh. Waduhhhh...jerit saya. Si tawon tampaknya kesasar masuk ke mobil teman saya. Bisa jadi si tawon nongkrong di kepala saya sejak bermenit lalu. Ketika saya meraba rambut di dalam mobil itulah, sengatan itu datang.

Aneh juga punya pengalaman dientup tawon. Pagi ini saya tertarik menuliskannya dalam blog ini lantaran ada pelajaran menarik dari sengatan tawon ini. Pertama sesuatu hal yang menyerang kita dan membuat kita kesakitan jelas membuat kita panik, sedih, mengaduh. Apalagi jika peristiwa itu tak terduga. Tapi setelah mengalami kesakitan, panik, marah, sedih dll beberapa saat kemudian juga akan berlalu. Sakit atau senang adalah sesuatu yang temporer. Dia tidak pernah menetap lama. Bahagia yang dirasakan orng menurut beberapa artikel yang saya baca hanya bertahan tiga hari.

Tapi ada satu yang abadi yakni kesejatian, kebenaran. Dalam dunia meditasi, itu akan kita dapatkan ketika kita sudah kehilangan aku. Bagaimana caranya? Sadar terus setiap saat. Untuk itulah diperlukan latihan meditasi. Tidak mudah memang. Saya juga sedang belajar, kok. Jika ingin melatih kesadaran kita datang saja ke Meditasi Mengenal Diri bimbingan Hudoyo Hupudio atau Meditasi Pembebasan Diri bimbingan J Sudrijanta.


Yogyakarta, 6 Januari 2012

Masih diatas peraduan
Pukul 06.45

4 komentar:

  1. walau masih engga banyak sadarnya, tapi keadaan sadar yang hanya sedikit setiap melakukan aktifitas sehari-hari, rasanya membuat kita "utuh". Jadi, mari kita memperpanjang waktu "sadar" tersebut.. muuahhh

    BalasHapus
  2. haneeee....bener...yoi...memperpjng kesadaran kok yo angel yah...hiksss...tapi ayo mari kita bertekun ria

    BalasHapus
  3. hemm...
    saat kehilangan aku mbakk...? "aku" atau "keakuan" nih...?

    BalasHapus