Minggu, 13 Mei 2012

Segar dalam 15 Menit

Pernah capek dan ngantuk, sementara pekerjaan belum selesai? Ternyata ada caranya agar terbebas dari ini.  Saya dapat ilmu ini dari guru besar Antropolog Ragawi Universitas Airlangga Profesor Glinka SVD. Ini tidak sengaja.Waktu saya menemui beliau ketika sedang di Yogyakarta,  dia kelelahan dan pingin istirahat sebentar. "Saya sudah tua, jadi mudah capek," kata guru besar UNAIR berusia 80 tahun ini.

Lalu dia mengajari saya begini. Rurit, tidur tegak lurus. Posisi tangan di samping badan.Mirip orang baris, tetapi tidur. Tanpa bantal. Rileks. Jangan memikirkan apapun. Hanya memfokus di nafas saja. Naik turunnya nafas diikuti. Sekitar 15 menit biarkan proses itu berlangsung. Lalu berhenti.  Setelah itu tubuh akan segar lagi dan bertahan  4-5 jam. Setelah saya membiarkan Romo Glinka berbaring, diam selama 15 menit, badannya  bugar. Tak tampak ada kelelahan di wajahnya. 

Saya sudah praktek dua kali. Ajaib....benar-benar segar dan tubuh tidak terlihat lelah. Wah....terima kasih Prof Glinka.  Teman-teman mau mencoba?


Yogyakarta, 14 Mei 20012

Pukul 12.17


2 komentar:

  1. lha kalau di kantor bijimana beib???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Mushola bentar aja. Pas bukan waktunya sholat....coba deh... serius aku dah praktek

      Hapus