Rabu, 14 Desember 2011

Melancong Ke Luar Negeri, Jika....

Akhir-akhir ini biro travel jor-joran pasang tarif murah terbang ke luar negeri dan menjual paket-paket murah. Tak mengherankan, masyarakat kita berbondong-bondong ke negara jiran Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Belakangan negara Eropa dan paket wisata rohani ke Jerusalem, juga kian laris manis.


Sah-sah saja sih ke luar negeri. Apalagi pengalaman adalah guru paling berharga. Membuka wawasan membuat seseorang terhindar dari hidup bagaikan katak dalam tempurung. Jika tak ada seseorng yang nendang batok si katak, maka dia tak akan pernah melihat dunia yang begitu berwarna.


Namun jika saya boleh berbagi, alangkah eloknya jika kita merambah dunia luar setelah mencicipi Indonesia yang kaya budaya, bahasa, dan tentu panorama indahnya. Negara kita yang cantik ini tak cuma punya Bali lho.


Ada Padang yang alamnya cantik nian, Tana Toraja yang indah, unik, dan eksotik. Juga Papua, Aceh, dan Lombok yang lautnya begitu biru, bersih, gugusan pulau dimana-mana. Bunaken yang alamakjan pemandangan bawah lautnya sungguh memanjakan mata. Atau Bangka yang pasirnya putih bersih dengan lautnya yang biru belum tercemar. Tak usah jauh-jauh ke pulau-pulau luar, Gunung Kidul di DIY saja, memiliki karst yang hemmmm...elok nian. Belum lagi gua-gua dengan stalaktit stalakmitnya.


Saya lebih bangga mengunjungi Indonesia dari Sabang sampai Merauke ketimbang mengunjungi Singapur atau Malaysia yang miskin sekali pemandangannya. Jika kita saja belum mengenal Indonesia secara utuh, bagaimana mungkin kita bisa bilang luar negeri lebih bagus? Melancong ke saudara kita di kepulauan lain berarti juga ikut menyejahterakan kehidupan masyarakat setemat bukan? Jika kita saling mengunjungi satu sama lain, maka uang jatuhnya ke kita-kita juga bukan?

Jadi, yuk, melancong ke Indonesia dulu. Baru ke luar negeri :)



Yogyakarta, 15 Desember 2011

5 komentar:

  1. Hayukkkkkk.....
    Kapan nihhh....? Mupeng berat keliling Indo euyyy...

    BalasHapus
  2. Indonesia bagian mana yang belum kamu kunjungi temanku??

    BalasHapus
  3. selagi masih muda, ayo....gotrek.
    eoisode diri@ semua bagian sudah. Tapi memang belum semua. Derawan, Raja Ampat, Komodo, Danau Kelimnutu, dan Wakatobi itu impian. Tapi biaya berat bok. hampir kalau kita mau ke Eropa hehhehe

    BalasHapus
  4. Aku juga belum banyak liat indonesia,soale aku wes mabuk perjalanan sek. Seandainya infrastruktur sudah bagus, aku pasti akan keliling indonesia.

    BalasHapus
  5. padahal infrastruktur yang jelek pun namanya berpelancong juga menjadi pengalaman tersendiri lo yu....hehehhee...ayuk kita canangkan gerakan melancong ke nusantara

    BalasHapus