Senin, 12 Desember 2011

Belajar Melepaskan Sesuatu


Wejangan YM. Sri Pannyavaro Mahatera

Di tulis ulang oleh Bernada Rurit

Meditasi Mengenal Diri (MMD)  bersifat universal. Agama apapun bisa mengikuti meditasi ini tanpa harus kehilangan imannya. Kalau dalam keseharian kita dituntut memburu atau mendapatkan sesuatu, seperti uang,jabatan, kekuasaan,  maka di sini Anda justru akan belajar melepaskan sesuatu. Jadi jika ada pertanyaan, dalam MMD anda mendapat apa? Saya justru bertanya sebaliknya. Anda  kehilangan apa setelah mengikuti meditasi.

Jelas, mengikuti MMD kita bukan  mendapatkan sesuatu atau mencari-cari sesuatu seperti yang diharapkan oleh kebanyakan orang. Ketika seseorang melatih meditasi maka dia sedang belajar melepaskan sesuatu. Melepaskan kebencian, melepaskan  kemarahan, ketakutan, dendam,  dan kecemasan

Melepaskan sesuatu jelas lebih sulit ketimbang memburu atau mendapatkan. Kalau kita mendapatkan sesuatu, jabatan, kekuasaan, uang dan lain-lain, maka kita akan merasa bahagia dan puas. Padahal kebahagiaan atau kepuasan itu hanya berlangsung sesaat dan tidak abadi.  Coba sebutkan kepuasan atau kebahagiaan apa yang berlangsung lama. Tidak ada bukan? Nah hanya dengan melepaskan sesuatu maka kita menjadi manusia yang bebas.

Melepaskan sesuatu ini membutuhkan latihan.  Di sini kita hanya memperhatikan pikiran, tanpa menilai, tanpa bereaksi. Sadar, hanya itu latihannya. Tanpa mengharapkan sesuatu, tanpa target, batin ini hanya menjadi penonton saja pikiran yang muncul. Sampai  pikiran ini diam dengan sendirinya. Selamat bermeditasi.


Meditasi Mengenal Diri 21-23 Oktober 2011 di Vihara Mendut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar