Rabu, 14 Desember 2011

Aku, Meditasi, dan Keheningan

Sudah hampir dua tahun saya mengikuti meditasi. Up and down. Kadang saya rajin meditasi  5-30 menit setiap hari. Tetapi kadang tidak saya lakukan sama sekali.

Apa gunanya meditasi sebenarnya? Untuk sadar setiap saat dari waktu ke waktu. Itu saja. Saya punya masalah dengan kesadaran, maka saya terus berlatih. Soal berhasil atau tidak,  itu hanya soal waktu.

Yang jelas sejak saya mengikuti meditasi di Vihara Mendut, pada penganut Budha saya lebih menyukai keheningan. Membicarakan sesuatu yang perlu-perlu saja karena menyadari begitu banyak waktu saya yang habis untuk sesuatu yang tak berguna.

Dan bing bang begitu menyadarinya, saya merasa menyesal. Seharusnya saya bisa lebih banyak berkarya ketimbang menghabiskan waktu yang tak  perlu.  Bagaimanapun meditasi menyadarkan saya akan banyak hal. Tertarik untuk meditasi?

Monggo. Saya ikut Meditasi Mengenal Diri (MMD) bimbingan Hudoyo Hupudio dan Meditasi Pembebasan Diri yang  pembimbingnya Romo Sudrijanta Johanes. 


Yogyakarta, 14 Desember 2011





2 komentar:

  1. Aqu tertarikk..
    tapi waktune isih durung passs....
    :(

    ~horee, ini komentar pertamax n perdana yaaa... ~

    BalasHapus
  2. kapn kapan? ayo jangan ditunda.

    piye piye postingane keren ora?

    BalasHapus