Rabu, 08 Januari 2014

Hening Pukul 12.00

Sejak Minggu ini, saya dan Aning sahabat saya memutuskan hening bersama di sebuah Gereja paling tidak seminggu sekali. Gereja di kawasan Slipi itu sepi. Ada sebuah gua Maria  dengan pohon yang menaunginya. Beberapa kursi berjejer. Teduh oleh rindangnya pohon. Pas sekali untuk hening di sana.

Kantor  kami berjarak sekitar 3  kilometer. Jadi memungkinkan kami untuk hening di saat rehat makan siang. Kemarin, kami janjian tepat pukul 12.00 saat matahari tepat di atas kepala. Karena dekat, kami cuma  naik angkot. Sekitar 15 menit perjalanan  kami sampai di lokasi keheningan.  Begitu tiba, kami memejamkan mata. Tiada berkata-kata. Hanya hening saja. Menyadarai pikiran ini dengan pasif, tanpa daya upaya. Sekitar setengah jam, mata kami terbuka. Kami beranjak. Pulang, kembali bekerja. Setengah jam cukup untuk melatih kesadaran.

Kami memulai tahun baru dengan begitu sederhana. Resolusi 2014 yang ingin  saya jalani, sadar setiap saat.


Palmerah, 8 Januari 2014

4 komentar:

  1. asik banget klu. nek kantor-e cerak aku pasti gabung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dedek cepupu. adem tempatnya. habs meditasi trus makan siang deh hehehe

      Hapus